i love toraja

i love toraja
beginilah cara orang toraja menguburkan peti keliang-liang batu, sungguh merupakan budaya yang begitu unik

Sabtu, 12 Maret 2011

Tana Toraja masuk ke dalam Kuburan Paling Menarik di Dunia versi my amzing fact

kuburan paling menarik di dunia








1Catacombs Paris

Resmi disebut les carrières de Paris atau "tambang di Paris," adalah Catacombs Paris jaringan terowongan bawah tanah dan ruang yang digunakan untuk era Romawi-tambang batu gamping.

Pada akhir 1700-an, Paris menderita penyakit yang disebabkan oleh penguburan yang tidak tepat dan kuburan massal di pemakaman gereja. Pemerintah setempat memutuskan bahwa mereka akan menghapus ribuan tulang dan menempatkan mereka ditumpuk di tambang bawah tanah ditinggalkan.

Hari ini, pintu masuk ke katakombe dibatasi dan hanya sebagian kecil dari 186 mil (300 km) senilai terowongan bawah tanah dapat diakses publik. Rahasia pintu masuk ke Catacombs Namun, titik-titik Paris - penjelajah perkotaan telah menemukan akses melalui selokan, manholes dan bahkan kereta bawah tanah Paris Metro system.











2 gerabah Angkatan Darat

Pada tahun 1974, petani lokal di Xi'an, Cina, menemukan sebuah kompleks bawah tanah yang luas makam sementara pengeboran air. Mereka tersandung kebetulan di tanah pemakaman Qin Shi Huangdi, Kaisar Pertama dan pemersatu Cina.

Menurut legenda, Kaisar Pertama dimakamkan bersama harta yang besar di dalam sebuah makam dengan langit-langit mutiara-laced (dalam pola yang mewakili kosmos) dan saluran digali di tanah dengan merkuri untuk mewakili mengalir sungai-sungai di Cina. Namun fitur yang paling terkenal adalah makam Tentara gerabah, sekitar 8.000 patung seperti hidup dan kehidupan berukuran tentara dikubur bersama Qin Shi Huangdi untuk membantu pemerintahan Kaisar di akhirat.












3 Newgrange

Gundukan pemakaman Newgrange di County Meath, Irlandia pasti salah satu monumen prasejarah yang paling mengesankan di dunia. Membangun antara 3300 SM - 2900 SM, adalah juga bangunan tertua di dunia yang masih hidup (itu lebih tua dari Stonehenge dan Piramida Agung Giza di Mesir).

Newgrange sangat mengesankan: gundukan bundar adalah 250 kaki (76 m) di seluruh dan 40 kaki (12 m) tinggi. Luas seluruh acre (4.046 m²). Sebuah terowongan panjang di bawah gundukan itu mengarah pada ruang pemakaman tinggi kubah, sebuah kubah corbelled dengan langit-langit yang terbuat dari besar, saling lempengan batu.

Pintu masuk Newgrange ditandai dengan sebuah batu tepi jalan besar yang berukir dengan "seni megalitik," yang meliputi busur spiral dan motif konsentris terkelupas ke dalam batu dengan alat-alat batu.









4 Tana Toraja

Orang-orang Toraja di Sulawesi, Indonesia, memiliki apa yang mungkin ritual pemakaman paling kompleks di dunia. Ketika seseorang meninggal, pemakaman ini dihadiri oleh banyak orang dan dapat berlangsung selama berhari-hari! Tapi itu bukan bagian yang aneh - ini adalah: upacara pemakaman ini sering diadakan minggu, bulan, atau bahkan bertahun-tahun setelah kematian (untuk memberikan keluarga almarhum waktu untuk mengumpulkan uang yang cukup untuk biaya).

Toraja bisa menunggu selama itu karena mereka percaya bahwa kematian bukanlah sebuah kejadian tiba-tiba melainkan sebuah proses bertahap menuju akhirat (jika Anda bertanya-tanya tentang bau - mayat tersebut dibalsem dalam beberapa hari pertama kematian, kemudian disimpan dalam rahasia tempat sampai upacara pemakaman).

Setelah berpesta banyak (termasuk pembantaian satu atau beberapa kerbau), orang mati dimakamkan di sebuah gua batu diukir dari tebing berbatu. Sebuah tau tau-ukiran patung kayu yang disebut, diukir dengan menyerupai orang yang meninggal ini kemudian ditempatkan di balkon makam untuk mewakili orang mati dan tetap mengawasi mereka.







5. Westminster Abbey

Gereja gothic Westminster Abbey di London, Inggris didirikan oleh biarawan Benediktin di abad kesepuluh (dan dibangun kembali pada abad ke-13 oleh Raja Henry III) - sejak itu telah berkembang menjadi baik gereja penobatan royalti Inggris dan tempat peristirahatan terakhir penguasa.

Meskipun pada Westminster Abbey pertama adalah tempat pemakaman raja-raja, bangsawan, dan biarawan, segera menjadi makam-of-pilihan (jika ada seperti itu) bagi siapa yang di Inggris. Penyair dan penulis seperti Geoffrey Chaucer, Charles Dickens, Thomas Hardy, Rudyard Kipling, dan Alfred Tennyson, serta ilmuwan seperti Sir Isaac Newton, Charles Darwin, dan Ernest Rutherford semua dikebumikan di sana.








6 Giza Necropolis

Ada lebih dari 100 piramida di Mesir, dengan kompleks yang terbesar dan paling terkenal dari piramida di Giza Necropolis, Kairo, Mesir. Kompleks ini terdiri dari Great Pyramid of Giza (makam firaun Mesir Khufu atau Cheops), Piramida Khafre, Piramida Menkaure, Great Sphinx patung, serta beberapa lainnya piramida satelit yang lebih kecil.

Mari kita, misalnya, Great Pyramid of Giza, satu-satunya anggota yang masih hidup dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno. Ketika selesai pada 2560 SM, piramida adalah 481 kaki (147 m) tinggi dengan setiap sisi dasar yang 758 kaki (231 m) lebar. Blok berat sekitar 1,5 ton masing-masing, dengan blok granit internal digunakan sebagai atap ruang pemakaman yang masing-masing sekitar 80 ton. Orang-orang Mesir kuno tahu apa yang mereka lakukan: base sisi memiliki margin rata-rata error hanya 2 1 / 3 inch (58 mm)! Tak perlu dikatakan, itu adalah karya yang mengagumkan rekayasa.







7. Lembah Para Raja

Bahkan jika Anda tidak tahu banyak tentang Lembah Para Raja, sebuah tanah pemakaman fir'aun Mesir kuno dan salah satu situs arkeologi yang paling terkenal di dunia, kemungkinan besar Anda tahu tentang salah satu penghuninya: King Tut dan Kutukan dari para Firaun yang menyertai kuburnya.

Pada tahun 1922, peneliti Mesir Howard Carter menemukan dan membuka makam Tutankhamen - ". Kematian akan datang pada sayap cepat kepadanya yang mengganggu perdamaian Raja" meskipun peringatan bahwa Lord Carnarvon, para pemberi dana ekspedisi, adalah orang pertama yang mati: ia digigit oleh nyamuk dan kemudian sengaja menerjang menggigit sambil cukur. luka-Nya menjadi terinfeksi dan ia meninggal karena keracunan darah.

Apakah "misterius" kematian yang terkait dengan Kutukan Firaun sebenarnya ada hubungannya dengan pembukaan makam atau salin hanya besar untuk menjual koran, ilmuwan itu baru-baru ini menemukan bahwa memang terdapat makam cetakan berpotensi berbahaya, bakteri, racun, dan bahkan gas berbahaya.









8 Kapusin Catacombs Palermo

Ketika biara Kapusin di Palermo, Italia, outgrew pemakaman aslinya di abad ke-16, bhikkhu digali katakombe di bawah ini dan mulai tradisi aneh yang berlangsung hingga abad ke-19.

Para biarawan Kapusin mumi tubuh orang mati, berpakaian mereka di pakaian sehari-hari dan kemudian menempatkan mereka pada layar di dinding biara. Rupanya, itu cukup simbol status yang akan dimakamkan di biara Kapusin - warga kota terkemuka akan meminta harus dipertahankan dalam pakaian tertentu atau bahkan memiliki pakaian diubah pada secara teratur sesuai dengan busana kontemporer!

Ketika tubuh terakhir dikebumikan di akhir 1800-an, ada 8.000 mumi pada dinding biara Kapusin dan di katakombe.








9. Sedlec Osuarium

The Osuarium Sedlec berada di sebuah kapel Katolik Roma kecil di Sedlec, Republik Ceko. Jika Anda tidak tahu apa-apa, Anda tidak akan menduga bahwa di dalam bangunan sederhana adalah sebuah osuarium berisi tentang 40.000 tengkorak manusia yang ditata secara artistik untuk membentuk dekorasi, lilin, dan perabot!

Pada abad ke-13, abbas kembali ke Sedlec dengan sejumlah kecil bumi dari Golgota, tempat penyaliban Yesus, dan ditaburi ke seluruh pemakaman biara. Hal ini membuat alasan gereja lokasi kuburan diinginkan dan selama berabad-abad ribuan orang dikuburkan di sana.

Pada tahun 1870, František etak, pemahat kayu yang dipekerjakan untuk meletakkan tumpukan tulang dalam rangka. Dia memutuskan untuk membuat sebuah karya dari seni rangka tetap: sebuah lampu yang terbuat dari tengkorak dan tulang, lambang dari keluarga yang membayarnya untuk melakukan pekerjaan itu, dan bahkan "tanda tangan artis" yang dilakukan pada tulang, tentu saja !











10 Taj Mahal

Tidak ada artikel tentang makam yang lengkap tanpa Taj Mahal, sebuah makam megah di Agra, India. Taj Mahal dibangun pada 1631 oleh Kaisar Mughal Shah Jahan, yang hancur ketika istrinya Mumtaz Mahal meninggal saat melahirkan. Duka terpukul, ia memerintahkan bahwa makam paling indah dibangun.

Taj Mahal adalah sebuah keajaiban arsitektur yang menakjubkan: makam marmer di tengah kompleks tersebut pada empat sudut diapit oleh menara. Kubah sentral besar, yang disebut kubah bawang karena bentuknya, yang mencolok dalam kesempurnaan simetris nya. Finials dan kaligrafi di mana-mana.

Di dalam Taj Mahal bahkan lebih hiasan: batu permata mulia dan semi-berharga hias ke panel marmer berukir yang berfungsi sebagai dinding. Peti mati dari Mumtaz dan Shah Jahan dihiasi dengan permata dan bertuliskan kaligrafi, membaca 99 nama Allah.

Cerita tentang Taj Mahal sebenarnya tidak berakhir dengan selesainya bangunan: tak lama setelah selesai, Shah Jahan jatuh sakit dan perjuangan kekuasaan di antara empat putranya terjadi. Pemenang, Aurangzeb, mengunci raja di Benteng Agra, di mana ia tinggal sampai dia meninggal. Legenda mengatakan bahwa ia menghabiskan sisa hidupnya menatap Taj Mahal, makam istri tercinta, dari jendela penjara.








11. Kota Mati di Ossetia Utara, Rusia

Di lembah, jauh Gizel kasar Ossetia Utara, Kaukasus, Rusia, ada beberapa kumpulan bangunan batu yang dari kejauhan terlihat seperti sebuah desa biasa - tetapi dengan satu detail penting: tidak untuk hidup. Sebuah melihat lebih dekat di dalam bangunan dengan atap miring sabak mengungkapkan sesuatu yang mengerikan: tubuh mumi mengenakan pakaian terbaik mereka dan sepatu dengan rambut rapi disisir.

legenda lokal memiliki bahwa pada abad ke-18, wabah menyapu Ossetia. Klan membangun rumah karantina bagi anggota keluarga yang sakit, yang diberikan dengan makanan, tetapi bukan kebebasan untuk bergerak, sampai kematian mengklaim hidup mereka. Sebuah lambat dan menyakitkan.

1 komentar:

  1. wah keren.. di indonesia juga banyak kok kuburan aneh, tinggal gali dikit tanah, langsung ditimbun. hehehe

    BalasHapus